MUSYAWARAH RENCANA PEMBANGUNAN DESA (MUSRENBANGDES) TAHUN 2024

  • Dec 28, 2023
  • Admin Desa Cendi Manik

Kamis, 28 Desember 2023.
Cendi Manik– Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun anggaran yang direncanakan. Pelaksanaan Musrenbang desa (musrenbangdes) tahun 2023-2024 diselenggarakan di Kantor Desa Cendi Manik dengan melibatkan berbagai elemen dan unsur masyarakat. Seperti Bapak Kadus Sedesa Cendi Manik, BPD, LPM, Karang Taruna, PKK, KMPB serta lembaga-lembaga lain yang tergabung dalam Musrenbangdes (kamis 28/12/2023) 
Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa) adalah dokumen perencanaan untuk periode 1 (satu) tahun dan merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa). RPJM Desa adalah dokumen perencanaan desa untuk periode 6 (enam) tahun yang mengambarkan rancangan kerangka ekonomi desa, program prioritas desa, rencana kerja dan pendanaan serta prakiraan maju, baik yang dilaksanakan oleh pemerintah desa maupun yang ditempuh dengan kegotong royongan atau partisipasi masyarakat desa.
Dalam acara ini dibuka oleh Kepala Desa Cendi Manik dan Sekretaris Desa Cendi Manik sebagai Moderatornya.
Dalam sambutannya Kepala Desa Cendi Manik Mendelegasikan tupoksi sebagai aparatur Desa, ada beberapa hal yg disampaikan dalam kesempatannya yaitu, permohonan maaf jika ada dalam masa jabatannya masih kurang dalam menentukan kewajibannya sebagai Kepala Desa, dan menekankan kepada semua komponen untuk selalu berkoordinasi dengan pihak desa ketika ada sesuatu hal yang masih belum jelas untuk secara langsung di tanyakan kepada pihak Desa. Kepala desa juga menegaskan dalam Pembangunan Desa tidak perlu membandingkan degan Desa lain, krn kapasitasnya tidak sama degan semua Desa pada umumnya. Membahas anggaran yang akan dialokasikan ke masing-masing Dusun. 
Kepala Desa juga berpesan bahwa dalam urusan demokrasi harus berasaskan jurdil ketika memilih calon pimpin 5 tahun ang akan datang tanpa ada paksakan dari pihak manapun. 
Selanjutnya sambutan juga dari Bapak Camat Sekotong, dalam kesempatan ini diwakili oleh Bapak Muliadi, beliau menyampaikan tentang Musrembangdes, camat Sekotong atau yang mewakili berpesan agar semua kegiatan baik yg di tingkat Desa maupun Dusun harus berdasarkan SOP, beliau juga menyinggung tentang Demokrasi arah politik, bahwa dalam berdemokrasi jangan terlalu bnyak menanggapi hal-hal yang belum jelas karena bisa membuat kisruh pada pagelaran Pemilu yang direncanakan 5 tahun sekali. 
Selain itu juga pada Musrembangdes ini Ketua BPD diberikan kesempatan untuk menyampaikan beberapa hal, dalam sambutannya Ketua BPD bapak Sodikin, MA menyinggung tentang berbagai macam alokasi terhadap yg akan digelontorkan oleh Desa ke masing-masing Dusun, beliau juga bertauziah tentang Karakter Manusia yg menjadi Ketulusan pada setiap aktivitas harus berdasarkan Niat, niat yang tulus Ikhlas akan tercatat sebagai nilai Ibadah yg berlipat ganda. 
Selanjutnya Agenda tentang Pemaparan berbagai macam Gagasan dan perencanaan Desa yang secara langsung dipandu oleh Pendamping Desa, dalam penyampaiannya Pendamping Desa hal ini Bapak Sapri, S. Pd menyinggung ada dua yg akan di bahas yaitu RKPDES dan DU RKPDes dimana RKPDES ini melingkup beberapa hal seperti: 
1. Penanganan Kemiskinan
2. Ketahanan pangan
3. Bumdes
4. Stunting
5. BOP Pemdes, sedangkan DU RKPDes meliputi tentang 
1. Pertanian
2. Ekonomi dan 
3. Sosial Budaya
Pada hari kamis tanggal 28 Desember 2023 semua Bapak Kadus/ RT se Desa Cendi Manik, Ketua Lembaga dan Perwakilan menuliskan tentang berbagai macam Usulan di kertas Folio, berikut Lampiran serta Dokumentasinya.