Pencegahan Pernikahan Dini

  • Jul 23, 2024
  • Admin Desa Cendi Manik

Cendi Manik, 18 Juli 2024. Mahasiswa KKP UIN Mataram bekerjasama dengan SMP Islam Al-Urwatul Wutsqo mengadakan sosialisasi yang bertema "Ramah Perempuan: Pencegahan Pernikahan Dini" Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa dan siswi mengenai dampak negatif yang terjadi jika pernikahan dini dan bagaimana pentingnya pencegahan stunting.

Acara ini dihadiri oleh 63 siswa, sejajaran guru dan kepala sekolah. Hadir sebagai pembicara utama adalah Pak Muhadis , selaku anggota BKKBN ( badan kependudukan dan keluarga berencana nasional) beserta anggota BKKBN lainnya. 

Dalam pemaparannya, Bapak Muhadis menjelaskan bahwa pernikahan dini memiliki dampak serius terhadap kesehatan fisik dan mental anak khusunya perempuan. “Anak yang menikah di usia dini berisiko tinggi mengalami komplikasi kehamilan, persalinan, dan kesehatan reproduksi yang buruk. Mereka juga lebih rentan mengalami kekerasan dalam rumah tangga,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga menyoroti isu stunting yang masih menjadi masalah kesehatan serius di Indonesia khusunya di NTB . Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak akibat kekurangan gizi kronis yang terjadi dalam 1000 hari pertama kehidupan. “Stunting bukan hanya masalah tinggi badan, tetapi juga berdampak pada perkembangan otak dan kemampuan belajar anak,” ujar Bapak Muhadis.