Turnamen Voli Antar Kampung di Desa Cendi Manik untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun RI yang ke 79

  • Aug 19, 2024
  • Admin Desa Cendi Manik

Meriah, turnamen antar kampung atau Tarkam seringkali dinilai jadi salah satu cara efektif untuk ajang menjalin silaturrahmi untuk menghargai jasa para pahlawan dan bisa juga menjaring bibit-bibit muda potensial, tak terkecuali melalui olahraga voli, 
Ketua panitia voli HUT RI yang ke-79 tahun 2024 menuturkan, turnamen voli beberapa kali di gelar, tapi animo dari penonton dari hari pertama 2 Agustus 2024 lalu sangat banyak hingga pada gelaran final Ahad, 18 Agustus 2024 sore.
"Luar biasa, kami tidak menduga turnamen voli ini banyak menarik animo warga. Banyak pecinta voli yang datang sejak hari pertama hingga grand final. Alhamdulillah sukses, untuk tahun depan Insya Allah akan di gelar lebih besar lagi.
Selain itu menurut seorang Pakar Olahraga yaitu bapak Zohri Ratawan, S.Pd, sebagai sekertaris Panitia sekaligus dewan juri Voly Tarkam menuturkan "turnamen tarkam berperan penting sebagai ajang silaturrahmi, menghargai jasa para pahlawan dan untuk mencari bakat di tingkat kelurahan hingga RT, RW.
“Tarkam itu kan istilahnya bebas bon, artinya pemain bisa saling bertukar klub kemanapun, klub itu bisa turun semua, sama dengan galdes,” ucap Zoh/ Tawan sapaan akrabnya kepada Media Desa Corong Cendi Manik, Jum'at (16/8/2024) sore.
Zohri juga menambahkan, selama ini banyak anak-anak muda dan klub-klub voli yang belum muncul di kompetisi resmi, kualitas atletnya justru baru terlihat saat mengikuti tarkam. 
Meski demikian, dia mengakui di Desa Cendi Manik khususnya turnamen voli antar kampung sudah jarang digelar, jika dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Menurutnya, faktor kesibukan warga jadi salah satunya penyebab berkurangnya tarkam itu.
“Di Desa Cendi Manik sendiri banyak klub-klub yang potensial dan perkembangan voli di Desa ini sebenarnya sangat bagus. Namun, mungkin karena alasan kesibukan dan biaya, turnamen Tarkam menjadi berkurang. Padahal, di Desa Cendi Manik banyak pemain voli yang berbakat.
Sementara itu Bapak Kepala Desa Cendi Manik yang menjadi Penanggung jawab dari moril maupun material menekankan pentingnya turnamen voli antar pelajar dan usia dini, supaya bakat-bakat muda bisa lebih terasah. Dari turnamen-turnamen yang digelar, bibit-bibit muda yang terlihat bisa dibina lebih lanjut. Kepala Desa Cendi Manik Bapak Marne, S. Pd MM juga menjelaskan kalau perkembangan voli di Desa Cendi Manik saat ini semakin berkembang, terlebih dengan adanya kompetisi resmi seperti Liga HUT RI antara Kampung ini.
Selain itu bapak Kepala Desa Cendi Manik mengaku meski berstatus turnamen tarkam, dan persiapan Panitia yang belum maksimal, namun sangat Puas dan bangga bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan akan terus meningkat serta mengembangkan lagi turnamen semacam ini untuk lebih meriah lagi sebagai bentuk wujud silaturrahmi antara warga di Desa Cendi Manik pada Khususnya. 
#mediadesaCendiManik